Peningkatan Anggaran HUT IKN Capai Rp87 Miliar, Presiden: Masih dalam Batas Wajar

Anggaran HUT IKN
gambar ilustrasi ikn -(Foto: laman djkn.kemenkeu go id)

 

Pada peringatan ke-79 tahun ini,  Anggaran HUT yang dialokasikan mencapai Rp87 miliar, meningkat signifikan dari Rp53 miliar tahun sebelumnya. Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata, menjelaskan bahwa peningkatan ini terutama disebabkan oleh pengadaan alat-alat upacara dan sarana di Istana Kepresidenan Negara (IKN).

Bacaan Lainnya

“Tahun ini kami menyiapkan anggaran Rp87 miliar untuk perayaan 17 Agustus di IKN, kalau dibanding tahun lalu di Jakarta itu Rp53 miliar,” kata Isa dalam konferensi pers di Kementerian Keuangan.

Isa menambahkan, kenaikan anggaran ini terutama untuk pengadaan alat-alat upacara baru dan peningkatan sarana fisik di IKN. Meski terjadi peningkatan signifikan, Presiden menilai bahwa anggaran tersebut masih dalam batas wajar.

“Pembengkakan anggaran terjadi karena tahun ini upacara dilaksanakan di dua tempat, yakni IKN dan Jakarta. Saya kira anggaran biasa, wajar dan juga anggarannya di Kemensetneg,” ucap Jokowi di Jakarta Convention Center.

Menurut Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, meskipun anggaran terbilang tinggi, manfaatnya bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar IKN. “Masyarakat ekonomi daerah sini menikmati situasi itu, bukan kami-kami yang di Jakarta,” ungkap Moeldoko seperti dilansir CNN.

Peningkatan anggaran untuk perayaan HUT RI ke-79 ini mencerminkan transisi penting dalam penyelenggaraan acara nasional, dengan fokus memberikan pengalaman yang lebih baik bagi masyarakat di sekitar tempat acara.

* Follow Official WhatsApp Channel BeritaMuria.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini * Serta jangan lupa follow akun medsos kami dibawah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *