Pantai Pungkruk dan Gua Tritip Dibuka Untuk Para Investor

gua tritip jepara
Foto: irfan Priyanto

Dinas dan Kebudayaan (Disparbud) berencana menawarkan pengelolaan dua objek milik daerah kepada investor. Dua objek wisata tersebut meliputi di Desa Mororejo, Kecamatan , dan di Kecamatan . Langkah ini diambil agar pengelolaan dua objek tersebut bisa lebih optimal.

Keterbatasan Keuangan Pengelolaan

Bacaan Lainnya

Saat ini, kemampuan keuangan untuk pengelolaan dua objek wisata tersebut masih cukup terbatas. Kepala Disparbud Jepara, Moh. Eko Udyyono, menyatakan bahwa dua objek tersebut terbuka bagi investor.

“Monggo. Siapapun yang mau berinvestasi, saya persilakan. Tinggal nanti tetap akan kami pertemukan antara investor dengan yang ada di sini, yaitu Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan sekda. Nanti tinggal dirembug bareng,” jelas Eko.

Kolaborasi dengan Investor

Melalui diskusi bersama, bisa diketahui investasi jenis apa yang ingin diterapkan terhadap dua objek tersebut, termasuk berapa lama investasi itu bisa dilakukan.

“Nanti kita kerja sama secara keseluruhan saja. Mau disewa keseluruhan, monggo. Tinggal berapa lama dan seperti apa kami serahkan,” terang Eko.

Eko berharap dengan ditawarkannya dua objek wisata kepada investor, nantinya bisa dikelola dengan lebih optimal. Dari situ, pendapatan asli daerah (PAD) yang diperoleh juga diharapkan makin meningkat.

Potensi Wisata Alam

Gua Tritip memiliki potensi alam di area pegunungan kapur di Kecamatan Donorojo. Sementara Pantai Pungkruk menawarkan wisata bahari dengan keindahan pasir putihnya. Sejak awal tahun ini, dua objek wisata tersebut telah ditetapkan sebagai salah satu sumber PAD terkait retribusi masuk objek wisata. Namun, sejauh ini pendapatan yang diraih masih belum optimal, lantaran masih sepi pengunjung.

Harapan untuk Peningkatan PAD

Berbeda dengan kondisi sejumlah objek wisata lain yang dikelola Disparbud Jepara, pendapatan dari dua objek wisata ini masih belum memadai. Oleh karena itu, dengan adanya investor, diharapkan pengelolaan bisa lebih maksimal dan menarik lebih banyak wisatawan, sehingga PAD Jepara meningkat.

Melalui upaya ini, diharapkan Pantai Pungkruk dan Gua Tritip bisa menjadi destinasi wisata unggulan di Jepara yang dikelola dengan baik dan mampu meningkatkan perekonomian daerah.

* Follow Official WhatsApp Channel BeritaMuria.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini * Serta jangan lupa follow akun medsos kami dibawah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *