Jokowi Dorong Jepara Menjadi Pusat Mebel seperti High Point di Amerika Serikat

Foto: dok. tangkapan layar youtube Setpres

Presiden () mengajak seluruh pimpinan daerah di Indonesia, termasuk gubernur, bupati, dan wali kota, untuk melakukan perencanaan pembangunan yang lebih terarah dan bertema pada wilayah masing-masing. Menurut Jokowi, setiap kota harus dikonsep dengan tema khusus tertentu untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Dalam hal ini, Jokowi mencontohkan kota High Point yang berada di North Carolina, Amerika Serikat. Kota tersebut dikenal sebagai “furniture capital of the world” atau pusat mebel dunia. Hal ini menunjukkan bahwa sebuah kota bisa dikenal secara global melalui tema atau konsep khusus yang diterapkan dengan konsisten.

Bacaan Lainnya

Jokowi menilai bahwa Indonesia memiliki potensi serupa dengan High Point, yakni , yang terletak di . Dia meminta agar Jepara bisa mengikuti jejak High Point dengan menjadikan kota tersebut sebagai pusat mebel dunia. “Ini kita punya sebenarnya Jepara, Bupati Jepara ada? Bisa harusnya dikonsep design sejak awal, meski nggak selesai di 1 atau 2 periode Bupati, tapi rencananya harus ada dan detil yang matang di situ,” tutur Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan bahwa setiap provinsi, kabupaten, dan kota di Indonesia seharusnya mulai merencanakan dan mengonsep kotanya masing-masing untuk menjadi kota yang memiliki karakteristik dan tujuan yang jelas. “Semua provinsi, kabupaten, dan kota bisa rencanakan dan konsep kotanya ini mau jadi kota apa. Saya berkali-kali sampaikan, ada High Point di North Carolina, AS, itu hanya khusus untuk mebel saja,” beber Jokowi saat menerima pimpinan daerah se-Indonesia di Ibu Kota (), Selasa (13/8/2024).

Sebagai perbandingan, Jokowi juga menjelaskan konsep pengembangan yang tengah dilakukan di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Nusantara direncanakan sebagai kota pintar yang didukung oleh teknologi digital, serta sebagai kota hijau dengan konsep forest city. “Kita konsep juga di sini smart city, seluruh aktivitas ini ditopang teknologi momentumnya pas perubahan zaman menjelang waktunya, baik teknologi digital maupun yang lainnya, sehingga ini akan menjadi livable city, kota yang nyaman untuk ditinggali,” papar Jokowi seperti dilansir detik.

Dengan mengusung konsep kota yang jelas dan bertema, Jokowi berharap setiap daerah di Indonesia bisa memiliki identitas yang kuat dan mampu bersaing di kancah global. Jepara, sebagai salah satu kota yang memiliki potensi besar di bidang mebel, diharapkan bisa menjadi pusat mebel dunia, seperti High Point di Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel BeritaMuria.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini * Serta jangan lupa follow akun medsos kami dibawah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *