Serunya Arena Sepeda Air Waduk Tempuran : Langkah Inovatif ITS untuk Wisata Lokal

Foto : laman blorakab go id

Waduk Tempuran, yang terletak di Desa Tempuran, Kecamatan Kota, kini semakin menarik perhatian wisatawan dengan penambahan fasilitas baru berupa sepeda air. Fasilitas ini merupakan bantuan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang diserahkan langsung kepada , , pada Selasa, 2 Agustus 2022.

Sepeda Air: Hibah Inovatif dari ITS Surabaya

Penyerahan sepeda air ini dilakukan oleh Dekan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS, Dr.Eng Trika Pitana, S.T., M.Sc., di dermaga Segoro Madu, Waduk Tempuran. Dalam acara tersebut, turut hadir Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan (Porabudpar) Kabupaten Blora dan Kepala Desa Tempuran, yang mendampingi Bupati Blora.

Bacaan Lainnya

Setelah penandatanganan hibah aset sepeda air, acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan uji coba sepeda air di Waduk Tempuran. Dua orang ITS Surabaya yang sedang melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Tempuran menjadi peraga pertama yang menjajal fasilitas baru ini.

“Sepeda airnya ada dua unit. Ini merupakan tindak lanjut permohonan Pak Bupati agar ITS bisa ikut memberikan pendampingan di Desa Tempuran. Awalnya ingin perahu, namun nanti perawatannya mahal, sehingga kita cari jalan tengah sepeda air,” ungkap Dekan FTK ITS.

Dekan juga menambahkan bahwa desain dan uji teknis sepeda air ini dilakukan oleh tim dari ITS. Sementara itu, bahan dan proses perakitan dilakukan di Blora, bekerja sama dengan bengkel mesin , menjadikan sepeda air ini sebagai produk lokal Blora.

Spesifikasi dan Kegunaan Sepeda Air

Sepeda air yang diserahkan memiliki kapasitas untuk satu orang dengan berat badan maksimal 55 kg. Penggunaan sepeda air ini diharuskan menggunakan pelampung dan tidak bisa digunakan berdua. Selain sebagai sarana rekreasi, sepeda air ini juga bisa digunakan untuk olahraga, karena pengoperasiannya dilakukan secara manual dengan pedal kaki, mirip dengan di darat.

Apresiasi Bupati Blora

Bupati Blora, Arief Rohman, menyampaikan terima kasihnya kepada ITS Surabaya atas bantuan dan dedikasi mereka dalam melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Tempuran.

“Maturnuwun Pak Dekan, dan tim. Ini merupakan tindak lanjut kerjasama Pemkab Blora dengan ITS Surabaya, yang beberapa waktu lalu kita jalin MoU dengan Pak Rektor. Semoga ini bermanfaat untuk mendukung pengembangan wisata di Desa Tempuran, ayo Dolan Tempuran,” ujar Bupati.

Selain hibah sepeda air, ITS juga melaksanakan pelatihan ecoprint, pembuatan konten video promosi wisata, dan pelatihan desain kemasan produk UMKM di Desa Tempuran. Bupati Arief berharap kerjasama dengan ITS tidak hanya terbatas pada Desa Tempuran, tetapi juga dapat menjangkau desa-desa lain di Kabupaten Blora yang membutuhkan pendampingan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

“Masih ada 270 desa lainnya di Kabupaten Blora yang perlu pendampingan potensi untuk mendorong pertumbuhan ekonominya. Semoga kedepan ITS bisa menyentuh desa-desa lainnya juga,” pungkas Bupati.

Acara penyerahan sepeda air di Waduk Tempuran diakhiri dengan sesi foto bersama para pengguna sepeda air di dermaga Segoro Madu. Selain Bupati, hadir pula Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, Ketua Dekranasda Hj. Ainia Sholichah, Kepala Bappeda, serta Kepala Desa Tempuran yang turut meramaikan acara tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel BeritaMuria.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini * Serta jangan lupa follow akun medsos kami dibawah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *