Pantai Pungkruk Jepara Akan Dipercantik Untuk Menarik Wisatawan

Pantai Pungkruk Jepara
Credit: Mas Rony

Akan Ditata Dinas dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara yang terletak di Desa Mororejo, Kecamatan . Rencana ini bertujuan untuk menarik lebih banyak wisatawan dan meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata.

Kepala Disparbud Jepara, Moh. Eko Udyyono, mengungkapkan bahwa penataan ini sangat penting untuk memaksimalkan potensi Pantai Pungkruk.

Bacaan Lainnya

Namun, ia menyatakan bahwa dana yang dimiliki oleh dinas terbatas, sehingga mereka sangat bergantung pada Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat.

“Jadi kami untuk Pantai Pungkruk ini pengembangannya memang dari PAD kami juga sangat terbatas,” ujar Eko. “Dan APBD kami juga terbatas.

Kami sih mengingingkannya nanti tahun 2025 kalau memang dapat DAK lagi, maka itu akan kami arahkan ke Pantai Pungkruk,” paparnya.

Dengan alokasi DAK yang diharapkan dapat diterima pada tahun 2025, Disparbud Jepara merencanakan pengembangan Pantai Pungkruk agar memiliki keunikan tersendiri, berbeda dengan objek lainnya seperti Pantai Kartini dan Pantai Bandengan yang sudah lebih dulu dikenal.

Saat ini, Pantai Pungkruk sudah menerapkan tarif masuk sejak awal tahun, namun menurut Eko, penerapan tarif retribusi ini belum berjalan secara optimal.

Harapannya, dengan penataan ini, objek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Jepara bisa berkembang menjadi lebih baik,” imbuh Eko.

Peningkatan kualitas dan fasilitas di Pantai Pungkruk diharapkan tidak hanya menarik wisatawan , tetapi juga wisatawan dari luar daerah, yang dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian lokal.

“Sehingga bisa jadi pantai yang memiliki ikon beda dari Pantai Kartini dan Pantai Bandengan,” jelas Eko. Ia menambahkan bahwa penataan yang optimal akan meningkatkan daya tarik Pantai Pungkruk sebagai destinasi wisata, yang diharapkan dapat mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan.

Kondisi serupa juga terjadi di , Kecamatan . Eko berharap, dengan adanya penataan dan peningkatan fasilitas, pengunjung ke Pantai Pungkruk akan meningkat, yang pada gilirannya akan meningkatkan pendapatan daerah dari retribusi.

Baca Profil Lengkap Wisata Pantai Pungkruk disini

Dengan adanya perencanaan dan penataan yang matang, Pantai Pungkruk diharapkan akan menjadi salah satu destinasi unggulan di Jepara, bersaing dengan pantai-pantai lainnya yang sudah lebih dulu dikenal oleh masyarakat luas.

* Follow Official WhatsApp Channel BeritaMuria.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini * Serta jangan lupa follow akun medsos kami dibawah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *